Sabtu, 28 September 2019

Tata Bahasa Arab Dasar 1

Beberapa Istilah dalam Tata Bahasa Arab

Ketika kita mempelajari tata bahasa Arab terdapat beberapa peristilahan yang sering membingungkan karena kemiripannya dengan istilah yang ada dalam bahasa Indonesia. Jika kita tidak cermat dalam menggunakan dan memahami istilah-istilah tersebut besar kemungkinan menyebabkan kerancuan dalam memahami kaidah tata bahasa arab. Istilah-istilah tersebut antara lain:

1. Kalimah (كلمة) 

Kalimah (كلمة) dalam bahasa arab jika kita terjemahkan dalam bahasa indonesia adalah kata. Banyak diantara para pembelajar tata bahasa arab yang sering rancu menggunakan istilah kalimah dalam. Seakan-akan kalimah dalam bahasa arab sama dengan kalimat dalam bahasa indonesia.

2. Kalimat ( جملة مفيدة)

Kalimat dalam bahasa indonesia sepadan dengan  جملة مفيدة dalam bahasa Arab.  جملة مفيدة adalah susunan kata-kata yang dapat dipahami.  جملة مفيدة minimal terdiri dari dua kata.  جملة مفيدة terbagi menjadi dua yaitu jumlah ismiyyah dan jumlah fi'liyyah.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Olimpiade Bahasa Arab Tahun 2019

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Internasional. Satu dari enam bahasa resmi yang digunakan dalam organisasi Perserikatan Bangsa-ba...